Langsung ke konten utama

Contoh Makalah Kesenian Sunda : Bahasa Sunda kelas 12

 

MAKALAH KESENIAN SUNDA

“REOG SUNDA”

 

Disusun oleh:

Annisa Tenri Rawesompa

XII IPS 1

Absen 05

 

SMA NEGERI 2 CIBINONG

Jalan Karadenan No. 5 Cibinong, Bogor 16913 Telp/fax. (0251) 8654347

Web: www.sman2cibinong.sch.id

E-mail : info@sman2cibinong.sch.id

 

Tahun 2020

 

  

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Suku Sunda merupakan salah satu suku yang menempati wilayah Indonesia bagian barat seperti Banten, Jakarta, Jawa Barat, hingga Lampung. Suku Sunda merupakan suku kedua terbesar di Indonesia. Suku ini adalah salah satu suku yang memiliki beragam kesenian. Mulai dari tarian, bahasa, alat musik, pakaian, upacara adat, dll.

Salah satu kesenian sunda yang populer adalah Reog. Seni Reog Sunda merupakan sebuah pertunjukan seni yang memadukan nyanyian, lawakan, gerakan tari, dan alat instrument khas sunda. Kesenian ini pada umumnya ditampilkan dengan bodoran, serta diiringi dengan musik tradisional yang disebut Calung. Kesenian ini biasanya dimainkan oleh beberapa orang yang mempunyai bakat melawak dan berbakat seni. Kesenian ini ditampilkan dengan membawakan sebuah alur cerita yang kebanyakan cerita yang dibawakan adalah cerita lucu atau lelucon.

Sebagai warga Indonesia, tentunya kita harus mengetahui dan mengenal berbagai kebudayaan di dalamnya. Terlebih karena kita adalah generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, makalah ini disusun untuk memperdalam pengetahuan mengenai Reog serta berupaya memperkenalkannya kepada masyarakat luas, agar kesenian Reog dapat dilestarikan keberadaannya.

 

B.    Rumusan Masalah

A.    Bagaimana sejarah terbentuknya Reog Sunda?

B.    Bagaimana perkembangan Reog Sunda di Indonesia?

C.    Bagaimana bentuk penyajian Reog Sunda?

D.    Bagaimana pola penyajian pertunjukkan seni Reog Sunda?

 

C.    Tujuan

1.     Mengetahui bagaimana sejarah terbentuknya Reog Sunda.

2.     Mengetahui bagaimana perkembangan Reog Sunda di Indonesia.

3.     Mengetahui bagaimana bentuk penyajian Reog Sunda.

E.     Mengetahui Bagaimana pola penyajian pertunjukkan seni Reog Sunda.


BAB II

PEMBAHASAN

A.    Sejarah dan Perkembangan Reog Sunda di Indonesia

Di Indonesia, Reog Sunda diperkenalkan secara nasional oleh Kelompok Reog BKAK, sebuah kelompok dari POLRI. Para pemainnya adalah Mang Udi, Mang Diman, Mang Hari, dan Mang Dudung.

Sekitar tahun 1967, muncul perkumpulan Reog Wanita dengan tokohnya Pak Emen dan Ibu Anah. Kemunculan tersebut menyebabkan hadirnya Seni Reog di berbagai daerah. Meskipun, kemunculan Seni Reog di berbagai daerah tidak tercatat secara jelas. Daerah yang terkenal dengan pertunjukan Reog Sundanya adalah kawedanan Banjaran di kabupaten Bandung.

Seiring perkembangan zaman, pemain dan kelompok organisasi Reog Sunda semakin sulit untuk dijumpai. Kelompok yang ada umumnya merupakan kelompok berisi generasi tua. Pertunjukannya pun sudah semakin jarang karena tidak ada atau sangat kurangnya permintaan untuk tampil.

 

B.    Aspek dalam Pertunjukkan Reog Sunda

Reog Sunda terdiri dari seorang dalang, dan seorang pelawak atau disebut bodor. Dengan iringan angklung, dogdog, sebuah genderang, tarompet (semacam klarinet) dan goong awi. Dan yang ditampilkan adalah hal-hal yang lucu. Oleh karena itu seluruh pertunjukan bersifat keramat, buktinya para pemain dalam hidup mereka sehari-hari tidak boleh membuat lelucon seperti itu. Dan pada pertunjukan itu juga disediakan sesajen di dekat lampu kuno yang harus menerangi pertunjukan itu.

Kesenian reog menggunakan dogdog (gendang) yang ditabuh,diiringi oleh gerak tari yang lucu dan lawak oleh para pemainnya.Biasanya disampaikan dengan pesan-pesan sosial dan keagamaan 

Hal yang menarik dari Reog Sunda adalah adanya kemunculan seorang laki-laki yang berpakaian seperti perempuan atau juga perempuan yang berpakaian seperti laki-laki. Bisanya ini hanya untuk mengisi peran komedi yang bisa berlangsung lebih dari lima jam. Di jawa seniman yang melakukan cross-gender seperti itu disebut travesti. Travesti ini dapat ditemukan di banyak kesenian di Pulau Jawa.


C.    Bagaimana pola penyajian pertunjukkan seni Reog Sunda?

Seni Reog Sunda disajikan dengan  2 macam pola, yaitu pola tabuhan kempringan yang bertempo lambat dan pola kekeringan yang berirama cepat. Kedua macam pola tersebut memiliki fungsi yang berbeda, pola tabuhan berfungsi sebagai pengiring lagu, sedangkan pola kekeringan biasanya ditampilkan di babak awal pertunjukan.

Pertunjukan Reog Sunda diawali dengan intro yang disebut dengan 'tatalu', yaitu ketika para pemain masuk area panggung sambil menabuh alat musik Dogdog dan berputar mengelilingi area panggung kemudian membentuk barisan. Setelah dilakukan 'tatalu', Dalang memperkenalkan grup Reog Sunda tersebut diikuti dengan para pemain yang memperkenalkan dirinya masing-masing. Setelah perkenalan selesai, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional asal Sunda seperti kidung, jaipong, dan lain-lain. Nyanyian tersebut pun diiringi dengan alat musing Dogdog serta dipadukan dengan tarian dan lawakan.

Reog dimainkan oleh empat orang, yaitu seorang dalang yang 3 mengendalikan permainan, wakilnya dan ditambah oleh dua orang lagi sebagai pembantu. Dalang memainkan dogdog berukuran 20 cm yang disebut dogdog Tilingtingtit. Wakilnya memegang dogdog yang berukuran 25 cm yang disebut Panempas, pemain ketiga menggunakan dogdog ukuran 30-35 cm yang disebut Bangbrang dan pemain keempat memegang dogdog ukuran 45 cm yang disebut Badublag. 

Lama permainan Reok berkisar antara satu sampai satu setengah jam. Untuk lagu-lagunya ada pula penabuh waditra dengan perlengkapan misalnya dua buah saron, gendang, rebab, goong, gambang dll. yang berfungsi sebagai pengiring lagu-lagunya sebagai selingan atau pelengkap. Reog yang sekarang memang beda dengan reog zaman dahulu, sedikit sudah dikembangkan terlihat dari jumlah personel dan alat musik yang dipakai.


BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Reog merupakan salah satu kesenian Suku Sunda yang memadukan antara nyanyian, lawakan, cerita sosial, seni tari, dan alat instrumen khas sunda yaitu Dogdog. Reog Sunda dimainkan oleh empat orang. Satu orang berperan sebagai Dalang sebagai pengendali permainan yang membawa alat musik yang disebut Tilingtingtit, satu orang yang lain berperan sebagai Wakil Dalang yang membawa alat yang disebut dengan Penempas. Kemudian dua orang lainnya berperan sebagai peran pembantu yang membawa alat musik Brangbang dan Badublang.

Selain alat-alat musik tersebut, digunakan juga alat musik lain yang biasanya dibawa oleh para pemain sebagai pelengkap, antara lain kendang, terompet, gong, dan kecapi. Alat musik modern seperti keyboard dan gitar juga biasa digunakan.

Di zaman yang modern ini, Seni Reog termasuk kesenian yang hampir punah. Karena, jarang terlihat pertunjukkannya ataupun kelompoknya. Pertunjukannyapun sudah semakin jarang karena tidak ada atau sangat kurangnya permintaan untuk tampil. Sehingga, diperlukan upaya untuk melestarikan kesenian ini agar tetap dapat diteruskan secara turun-temurun.

B.    Saran

·       Mengadakan festival Seni Reog dengan rutin agar pertunjukkannya dapat dinikmati masyarakat banyak.

·       Menyiarkan acara Reog di berbagai stasiun TV dan media massa, sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat Internasional.

·       Mengenalkan Seni Reog kepada generasi muda sehingga pengetahuannya dapat disebar secara turun-temurun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Tugas Makalah Seni Musik : ANALISIS MUSIK KONTEMPORER KARYA SLAMET ABDUL SJUKUR

  MAKALAH SENI MUSIK ANALISIS MUSIK KONTEMPORER KARYA SLAMET ABDUL SJUKUR “TETABUHAN SUNGUT”   Disusun Oleh : Annisa Tenri R. XII IPS 1 Absen 05     SMA NEGERI 2 CIBINONG Jalan Karadenan No. 5 Cibinong, Bogor 16913 Telp/fax. (0251) 8654347 W eb: https://sman2cibinong.sch.id/ E- mail : info @ sman2cibinong . sch . id     Tahun 202 1 KATA PENGANTAR             Pertama-tama, penulis mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Meskipun banyak kesulitan dalam membuat makalah ini, namun penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada ibu Elita Sari, S.Pd. , selaku guru mata pelajaran seni musik kelas XII yang telah memberikan tugas ini. Karena dengan materi yang telah diajarkan, penulis dapat menyusun makalah ini secara mandiri. Penulis membuat makalah dengan j

ANALISA KASUS PELANGGARAN HAK DAN KEWAJIBAN PKN

ANALISA KASUS PELANGGARAN HAK Judul Kasus : Pria Beristri 3 Nikahi Gadis 12 Tahun, Paman Korban: Kok Tega Nambah Lagi 1) Ringkasan kasus: Seorang anak berusia12 tahun dinikahi pria berinisial NW (45) di Desa/Kecamatan Siliragung.Paman korban bercerita pria yang menikahi keponakannya secara siri tersebut telah memiliki tiga istri. Pernikahan ini menjurus pada eksploitasi terhadap anak. Kejadian ini terungkap setelah kedua orang tua kandung si gadis mendatangi kediaman Ketua RT dan Kepala Dusun Krajan. Saat itu, mereka bercerita jika anaknya telah menikah dengan seorang pria. Alasan pernikahan itu diduga lantaran adanya kebutuhan ekonomi yang mendesak. Bahkan, pernikahan itu telah berlangsung selama 4 minggu. Sumber kasus: https://jatim.suara.com/amp/read/2020/07/15/103141/pria-beristri-3- nikahi-gadis-12-tahun-paman-korban-kok-tega-nambah-lagi   2) Analisa A. Landasan pemikiran: UU No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa, “setiap orang yang m

Contoh Tugas : Membuat Surat Lamaran Pekerjaan (SLP)

  Bogor, 20 Oktober 2017 Lampiran          : Satu berkas Hal                   : Lamaran Pekerjaan   Yth. Pimpinan Perusahaan Griyacom Jalan Teuku Umar No. 55 Kedaton, Bandar Lampung   Dengan hormat,   Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan pada situs https://www.bursalampung.com/   pada tanggal 12 Februari 2020 bahwa Perusahaan Griyacom membutuhkan staf keuangan, bersama ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut.   Adapun keterangan mengenai diri saya adalah sebagai berikut : nama                                         : Annisa Tenri Rawesompa tempat,   tanggal lahir               : Palembang, 22 September 1995 pendidikan terakhir                  : S1 Akuntansi alamat                                       : Acropolis Karadenan blok MI 9-10 RT/RW 09/18, Cibinong telepon / e-mail                        : 085213987929 / annisatenri54@gmail.com       Untuk melengkapi beberapa persyaratan yang diperlukan, saya lampirkan satu berkas sebaga